IAI Qomaruddin Gresik – Mahasiswi Institut Agama Islam Qomaruddin (IAIQ) Gresik kembali menorehkan prestasi dalam ajang lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tingkat Kabupaten Gresik yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik di Masjid Baitul Ishlah ABR Gresik Pada Sabtu (28/11/2020).

Mahasiswa IAIQ memperoleh juara 2 atas nama Indana badi’ah dalam cabang Qiro’atul Sab’ah, mewakili Kecamatan Manyar dan Umi Shofiyah Sa’adah juara 3 cabang Murotul Sab’ah Dewasa, Mewakili Kecamatan Bungah.

Indana Badiah merupakan santri pondok pesantren Nurul Qur’an Al Istiqomah sekaligus mahasiswa IAIQ Gresik jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) semester 9. Sedangkan Shofiatun Sa’adah adalah jurusan Hukum Keluarga Islam semester 3.

Shofiatus Sa’adah biasanya dipangil Neng Shofia. Panggilan Neng di lingkungan pesantren merupakan panggilan khusus untuk anak Kiai.
Ia merupakan anak dari KH. Syaiful Munir, pengasuh pondok pesantren Nurul Qur’an Al Istiqomah, Desa Sukorejo Kecamatan Bungah.

Menurut Shofia, sebelum ikut MTQ Kabupaten Gresik, dia sering mengikuti lomba, tetapi cabang tilawah biasa.iya Berhubung kemarin didorong orang tuanya ikut, jadi mau tidak mau dia harus ikut, hitung-hitung cari pengalaman.

“Nah kok sekarang dipaksa Abah (sebutan ayah di lingkungan muslim) ikut cabang murottal sab’ah, Itu sulit beneran. Soalnya setiap bacaan ada riwayatnya dan itu beda, harus lebih hati-hati baca Al Qurannya. Itu pun aku belajar 1 hari sebelum hari lomba,” jelasnya.

Shofia juga menambahkan jika perlombaan kemarin ia niati untuk menambah pengalaman. Soal menang kalah, Shofia tidak terlalu diperdulikan.

“Saya kurang paham bagaimana perasaanku kemarin. Tapi niat saya mencari pengalaman saja. Menang kalah itu urusan ke sekian. Awalnya saya minder, karena dari sekian banyak pesaingku, ada yang pernah ikut lomba tingkat nasional,” tambahnya.

Sosok Indana Badi’ah pun sering mendapatkan juara. Juara tersebut merupakan persembahan terakhirnya sebelum dia lulus dari IAIQ Gresik, sebab besok hari Rabu ia akan diwisuda.

Kini mereka berdua semakin membuktikan bahwa tilawah asal IAIQ Gresik berprestasi, baik tingkat kabupaten maupun nasional, bahkan pernah juga internasional. Seperti Indana sebelumnya, sempat membanggakan Indonesia lewat juara 2 nya dalam ajang tilawah Internasional di Amerika Serikat.

Sumber : https://gresikpos.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *