Bungah, 22 Oktober 2019

Khidmat dan tertib, begitulah suasana yang tergambar pada peringatan Hari Santri Nasional tahun ini yang dilaksanakan oleh Institut Agama Islam Qomaruddin. Acara yang digelar tepat di hari santri ini (22/10) diawali dengan Istighotsah yang dipimpin oleh KH. M. Ala’udin, Lc., M.SEI  dan diikuti oleh seluruh civitas akademik IAI Qomaruddin yang hadir malam itu. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars IAI Qomaruddin, Mars Syubbanul Wathon, dan Mars Hari Santri yang dinyanyikan oleh para mahasiswa tim paduan suara IAI Qomaruddin setelah itu juga diikuti dengan penuh semangat.

Peringatan Hari Santri ini bertujuan agar mahasiswa senantiasa ikut melestarikan budaya pesantren dan mengingat jasa  para sesepuh Pondok Pesantren Qomaruddin sebagai yayasan yang menaunginya. Sehingga acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk memperkuat karakter santri dalam diri mahasiswa IAI Qomaruddin. Dalam acara ini, Ibu Nyai Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.M. memberikan refleksi bahwa Peringatan HSN berfungsi sebagai salah satu momen penggerak dalam menghadapi radikalisme. Dalam orasinya, beliau mengingatkan bahaya radikalisme dan mengajak para mahasiswa sebagai bagian dari santri Indonesia untuk ikut berperan dalam upaya deradikalisasi.

Setelah diakhiri dengan doa, seluruh civitas akademik yang hadir ber-musafahah atau saling bersalaman. Sehingga, selain memperkuat karakter santri pada mahasiswa, acara ini juga berfungsi sebagai momen untuk memperkuat silaturrahim dan hubungan kekeluargaan antara mahasiswa, dosen, dan para pejabat kampus. Sebelumnya, Rektor IAI Qomaruddin, H. Luthfi Hakim, M.Ag menegaskan dalam sambutannya, bahwa acara semacam ini akan menjadi agenda rutin IAI Qomaruddin untuk memperingati Hari Santri Nasional.

Sebagai lembaga akademik, IAI Qomaruddin tentu tidak bisa lepas dari nilai-nilai pesantren yang mengiringi aktivitas mahasiswa dan civitas akademik lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa IAI Qomaruddin adalah santri yang akademis, atau akademisi yang nyantri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *