Sejarah Kampus

Sejarah Kampus

2016-01-17

Institut Agama Islam  (IAI) Qomaruddin Gresik secara resmi tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 6266 Tahun 2014. Keberadaan  IAI Qomaruddin Gresik  merupakan bentuk dinamis dari perguruan tinggi di bawah naungan Pondok Pesantren Qomaruddin yang  dimulai dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Qomaruddin  berdiri tahun 1989, dari STIT kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Qomaruddin tahun 1996. Perubahan dari STIT sampai IAI merupakan bukti kesungguhan adanya keingginan akan perguruan tinggi Islam  yang berkualitas sekaligus dalam rangka mensukseskan pendidikan Nasional.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berbasis kepesantrenan, IAI Qomaruddin Gresik mengembangkan visi; terwujudnya Perguruan Tinggi Islam yang Unggul, Kompetitif dan Berwawasan Pesantren.

Dengan semangat membina tradisi lama yang baik dan terus menerus menggali tradisi baru yang lebih baik, selama kurang lebih 27 tahun IAI Qomaruddin Gresik terus berbenah dan mengembangkan dirinya melalui empat pilar pendidikan, yaitu penataan manajemen, peningkatan kualitas lulusan, peningkatan sistem pelayanan, dan memperluas sistem informasi, publikasi dan kerjasama/kemitraan.

 

IAI Qomaruddin sampai saat ini telah mewisuda ± 4535 sarjana dari semua jenjang (S1 & S2) dan hampir 85,7 % alumninya telah diserap oleh lapangan kerja yang tersedia. Salah satu wujud keseriusan terhadap legalitas lembaga pendidikan IAI Qomaruddin Gresik telah memperoleh penetapan status Terakreditasi BAN PT.